Pengertian Worksheet dan Fungsinya, serta Cara Mengganti Nama, Menambah dan Menghapus Worksheet

Pengertian Worksheet dan Fungsinya

Worksheet merupakan atau lembar kerja elektronik yang terdiri dari sel dalam baris (raw) dan kolom (column). Worksheet akan ditampilkan seperti kertas kotak-kotak, di mana setiap kotak adalah sel dan setiap sel bisa diisi dengan data. Jadi, ketika kita ingin memasukkan informasi ke dalam worksheet, kita tinggal memilih sel yang kita inginkan dan mengetiknya di dalam sel.



Baris atau raw pada worksheet merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kumpulan sel yang berderet secara horizontal. Jumlah dari baris dalam Worksheet Microsoft Excel sebanyak  1.048.576 atau 2 pangkat 20. Ini dapat dilihat dengan cara menekan tombol CTRL+pgdn, yang akan menampilkan baris terakhir, yaitu baris 1048576.

Kolom atau column pada worksheet merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kumpulan sel yang berderet secara vertikal. Jumlah dari kolom dalam Worksheet Microsoft Excel sebanyak  16.384 atau 2 pangkat 16. Ini dapat dilihat dengan cara menekan tombol CTRL+end, yang akan menampilkan kolom terakhir, yaitu kolom XFD.

 

Jumlah Worksheet pada Workbook

Saat kita membuka file Workbook baru, secara default kita akan disajikan tiga Worksheet. Namun, kita bisa menambahkan lebih banyak Worksheet jika diperlukan. Misalnya, jika kita sedang mengerjakan proyek besar dengan banyak data yang perlu dikelola, kita bisa membuat satu Worksheet untuk setiap jenis data.

Microsoft Excel memang memungkinkan kita untuk menambahkan sejumlah Worksheet yang kita butuhkan ke dalam satu Workbook. Namun, jumlah Worksheet yang bisa ditambahkan ini tidaklah unlimited atau tak terbatas. Kapasitasnya tergantung pada memori komputer Kita.

Jika kita menambahkan terlalu banyak Worksheet hingga melebihi kapasitas memori komputer, komputer kita mungkin akan mengalami beberapa masalah. Misalnya, aplikasi Excel dan komputer bisa menjadi lambat atau bahkan tidak responsif. Serta, kita juga bisa kehilangan data atau melihat pesan kesalahan seperti “Excel is not enough available memory” atau “Disk Penuh”.

 

Cara Mengganti Nama Worksheet

Ada beberapa cara dan langkah-langkah untuk mengganti nama sebuah worksheet pada Microsoft Excel. Dua diantaranya adalah  Mengganti Nama Melalui Klik Ganda dan Mengganti Nama Melalui Menu Format.

Mengganti Nama Melalui Klik Ganda :

    1. Buka dokumen Excel : Pertama, Kita perlu membuka file Excel yang berisi worksheet yang ingin Kita ubah namanya. Kita bisa melakukan ini dengan mengeklik dua kali pada file tersebut di komputer.
    2. Lihat bagian bawah jendela Excel : Setelah Kita membuka file Excel, lihat ke bagian bawah jendela program. Di sana, Kita akan melihat beberapa tab dengan label seperti ‘Sheet1’, ‘Sheet2’, dan seterusnya. Tab-tab ini mewakili worksheet yang berbeda dalam file Excel Anda.
    3. Klik ganda (double click) pada tab worksheet…: Untuk mengubah nama worksheet, Kita perlu mengklik dua kali pada tab worksheet tersebut. Misalnya, jika Kita ingin mengubah nama ‘Sheet1’, Kita harus mengklik dua kali pada tab ‘Sheet1’.
    4. Tombol Sheet dapat diedit : Setelah Kita mengklik dua kali, Kita akan melihat bahwa nama worksheet (misalnya, ‘Sheet1’) sekarang berubah menjadi teks yang dapat diedit. Ini berarti Kita sekarang bisa mengetikkan nama baru untuk worksheet tersebut.
    5. Ketik nama baru yang kita inginkan Sekarang, Kita bisa mengetikkan nama baru yang Kita inginkan untuk worksheet tersebut. Setelah Kita selesai mengetik, tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard. Misalnya, Kita bisa mengubah ‘Sheet1’ menjadi ‘Data Siswa’.

2.     Mengganti Nama Melalui Menu Format :

    1. Buka dokumen Excel : Pertama, Kita perlu membuka file Excel yang berisi worksheet yang ingin Kita ubah namanya. Kita bisa melakukan ini dengan mengklik dua kali pada file tersebut pada komputer.
    2. Pilih worksheet yang ingin Kita ubah namanya : Setelah membuka file Excel, pilih worksheet yang ingin diubah namanya dengan mengklik satu kali pada tab worksheet tersebut. Tab-tab ini berada di bagian bawah jendela Excel.
    3. Klik pada tab yang bertuliskan ‘Home’ : Lihat ke bagian atas jendela Excel. Kita akan melihat beberapa tab seperti ‘File’, ‘Home’, ‘Insert’, dan lainnya. Klik pada tab yang bertuliskan ‘Home’ atau “Beranda”.
    4. Cari tombol ‘Format’ : Di bawah tab ‘Home’, Kita akan melihat beberapa grup seperti ‘Clipboard’, ‘Fonts’, ‘Alignment’, dan ‘Cells’. Di dalam grup ‘Cells’, Kita akan menemukan tombol ‘Format’.
    5. Klik ‘Rename Sheet’ : Setelah Kita mengklik tombol ‘Format’, akan muncul menu dropdown. Di dalam menu ini, cari dan klik pada opsi ‘Rename Sheet’.
    6. Tombol Sheet dapat diedit : Setelah Kita mengklik ‘Rename Sheet’, Kita akan melihat bahwa nama worksheet yang Kita pilih sekarang berubah menjadi teks yang dapat diedit. Ini berarti Kita sekarang bisa mengetikkan nama baru untuk worksheet tersebut.
    7. Ketik nama baru yang kita inginkan: Sekarang, Kita bisa mengetikkan nama baru yang Kita inginkan untuk worksheet tersebut. Setelah Kita selesai mengetik, tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard. Misalnya, Kita bisa mengubah ‘Sheet1’ menjadi ‘Data Siswa’.

 

Cara Untuk Menambah Worksheet Baru

Saat kita membuka file Workbook baru, secara default kita akan disajikan tiga Worksheet. Namun, kita bisa menambahkan lebih banyak Worksheet jika diperlukan. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menambahkan Worksheet baru :

  1. Klik kanan pada tab worksheet : Di bagian bawah jendela Excel, Anda akan melihat beberapa tab yang masing-masing mewakili worksheet. Klik kanan pada salah satu tab ini.
  2. Pilih menu Insert : Setelah Anda klik kanan pada tab, menu konteks akan muncul. Dalam menu ini, pilih opsi ‘Insert’.
  3. Muncul kotak dialog Insert: Setelah Anda memilih ‘Insert’, kotak dialog baru akan muncul dengan beberapa opsi.
  4. Pilih tab General: Dalam kotak dialog ‘Insert’, ada beberapa tab. Pilih tab yang bertuliskan ‘General’.
  5. Pilih Worksheet: Di bawah tab ‘General’, Anda akan melihat beberapa ikon yang mewakili jenis halaman yang berbeda yang dapat Anda masukkan. Pilih ikon ‘Worksheet’.
  6. Klik tombol OK: Setelah Anda memilih ‘Worksheet’, klik tombol ‘OK’ untuk menambahkan worksheet baru ke workbook Anda.

Selain menggunakan cara di atas, sebagai alternatif dan merupakan cara yang sering saya lakukan, Anda juga dapat menambahkan worksheet baru dengan cepat dengan cara klik tombol + (plus) yang berada di sebelah kanan deret tombol worksheet. Atau dapat pula dengan cara menekan tombol ‘Shift’ dan ‘F11’ secara bersamaan pada keyboard Anda.

 

Cara Untuk Menghapus Worksheet

Jika dalam workbook kita terdapat terlalu banyak worksheet yang tidak terpakai, kita dapat menghapusnya. Menghapus worksheet akan menghapus semua data di dalamnya. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus worksheet yang tidak terpakai :

  1. Klik kanan pada nama sheet : Di bagian bawah jendela Excel, Anda akan melihat beberapa tab yang masing-masing mewakili worksheet. Klik kanan pada tab worksheet yang ingin Anda hapus.
  2. Klik Delete: Setelah Anda klik kanan pada tab, menu konteks akan muncul. Dalam menu ini, pilih opsi ‘Delete’.

 

Jadi, Worksheet di Excel merupakan komponen penting yang memfasilitasi pengaturan, pengelolaan, dan pengolahan data. Dengan fungsi-fungsinya, seperti menampung cell-cell data, membagi-bagi pekerjaan, memberikan pratinjau hasil, dan meminimalisir kesalahan, penggunaan worksheet yang efektif dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda. Selain itu, kemampuan untuk mengganti nama, menambahkan, dan menghapus worksheet memberikan fleksibilitas tambahan dalam pengelolaan data Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami dan memanfaatkan worksheet di Excel dengan lebih baik.

Komentar