Pengertian Worksheet dan Fungsinya, serta Cara Mengganti Nama, Menambah dan Menghapus Worksheet
Pengertian Worksheet dan Fungsinya
Worksheet
merupakan atau lembar kerja elektronik yang terdiri dari sel dalam baris (raw)
dan kolom (column). Worksheet akan ditampilkan seperti kertas
kotak-kotak, di mana setiap kotak adalah sel dan setiap sel bisa diisi dengan
data. Jadi, ketika kita ingin memasukkan informasi ke dalam worksheet, kita
tinggal memilih sel yang kita inginkan dan mengetiknya di dalam sel.
Baris atau raw pada worksheet merupakan istilah yang digunakan untuk
menyebut kumpulan sel yang berderet secara horizontal. Jumlah dari baris dalam
Worksheet Microsoft Excel sebanyak 1.048.576 atau 2 pangkat 20. Ini dapat
dilihat dengan cara menekan tombol CTRL+pgdn, yang akan menampilkan
baris terakhir, yaitu baris 1048576.
Kolom atau
column pada worksheet merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kumpulan
sel yang berderet secara vertikal. Jumlah dari kolom dalam Worksheet Microsoft
Excel sebanyak 16.384 atau 2 pangkat 16. Ini dapat dilihat dengan
cara menekan tombol CTRL+end, yang akan menampilkan kolom terakhir,
yaitu kolom XFD.
Jumlah
Worksheet pada Workbook
Saat kita
membuka file Workbook baru, secara default kita akan disajikan tiga Worksheet.
Namun, kita bisa menambahkan lebih banyak Worksheet jika diperlukan. Misalnya,
jika kita sedang mengerjakan proyek besar dengan banyak data yang perlu
dikelola, kita bisa membuat satu Worksheet untuk setiap jenis data.
Microsoft
Excel memang memungkinkan kita untuk menambahkan sejumlah Worksheet yang kita
butuhkan ke dalam satu Workbook. Namun, jumlah Worksheet yang bisa ditambahkan
ini tidaklah unlimited atau tak terbatas. Kapasitasnya tergantung pada memori
komputer Kita.
Jika kita
menambahkan terlalu banyak Worksheet hingga melebihi kapasitas memori komputer,
komputer kita mungkin akan mengalami beberapa masalah. Misalnya, aplikasi Excel
dan komputer bisa menjadi lambat atau bahkan tidak responsif. Serta, kita juga
bisa kehilangan data atau melihat pesan kesalahan seperti “Excel is not enough
available memory” atau “Disk Penuh”.
Cara Mengganti Nama Worksheet
Ada beberapa cara dan langkah-langkah untuk mengganti nama sebuah worksheet
pada Microsoft Excel. Dua diantaranya adalah Mengganti Nama Melalui
Klik Ganda dan Mengganti Nama Melalui Menu Format.
Mengganti Nama Melalui Klik Ganda :
- Buka dokumen Excel : Pertama, Kita perlu membuka file Excel yang berisi worksheet yang
ingin Kita ubah namanya. Kita bisa melakukan ini dengan mengeklik dua
kali pada file tersebut di komputer.
- Lihat bagian bawah
jendela Excel : Setelah Kita membuka
file Excel, lihat ke bagian bawah jendela program. Di sana, Kita akan
melihat beberapa tab dengan label seperti ‘Sheet1’, ‘Sheet2’, dan
seterusnya. Tab-tab ini mewakili worksheet yang berbeda dalam file Excel
Anda.
- Klik ganda (double click)
pada tab worksheet…: Untuk mengubah nama
worksheet, Kita perlu mengklik dua kali pada tab worksheet tersebut.
Misalnya, jika Kita ingin mengubah nama ‘Sheet1’, Kita harus mengklik dua
kali pada tab ‘Sheet1’.
- Tombol Sheet dapat diedit : Setelah Kita mengklik
dua kali, Kita akan melihat bahwa nama worksheet (misalnya, ‘Sheet1’)
sekarang berubah menjadi teks yang dapat diedit. Ini berarti Kita
sekarang bisa mengetikkan nama baru untuk worksheet tersebut.
- Ketik nama baru yang kita inginkan : Sekarang, Kita bisa mengetikkan nama baru yang Kita
inginkan untuk worksheet tersebut. Setelah Kita selesai mengetik, tekan
tombol ‘Enter’ pada keyboard. Misalnya, Kita bisa mengubah ‘Sheet1’
menjadi ‘Data Siswa’.
2. Mengganti Nama
Melalui Menu Format :
- Buka dokumen Excel :
Pertama, Kita perlu membuka file Excel yang berisi worksheet yang ingin
Kita ubah namanya. Kita bisa melakukan ini dengan mengklik dua kali pada
file tersebut pada komputer.
- Pilih worksheet yang
ingin Kita ubah namanya : Setelah membuka file Excel,
pilih worksheet yang ingin diubah namanya dengan mengklik satu kali pada
tab worksheet tersebut. Tab-tab ini berada di bagian bawah jendela Excel.
- Klik pada tab yang
bertuliskan ‘Home’ : Lihat ke bagian atas
jendela Excel. Kita akan melihat beberapa tab seperti ‘File’, ‘Home’,
‘Insert’, dan lainnya. Klik pada tab yang
bertuliskan ‘Home’ atau “Beranda”.
- Cari tombol
‘Format’ : Di bawah tab ‘Home’, Kita
akan melihat beberapa grup seperti ‘Clipboard’, ‘Fonts’, ‘Alignment’, dan
‘Cells’. Di dalam grup ‘Cells’, Kita akan menemukan tombol ‘Format’.
- Klik ‘Rename Sheet’ :
Setelah Kita mengklik tombol ‘Format’, akan muncul menu dropdown. Di
dalam menu ini, cari dan klik pada opsi
‘Rename Sheet’.
- Tombol Sheet dapat
diedit : Setelah Kita mengklik
‘Rename Sheet’, Kita akan melihat bahwa nama worksheet yang Kita pilih
sekarang berubah menjadi teks yang dapat diedit. Ini berarti Kita
sekarang bisa mengetikkan nama baru untuk worksheet tersebut.
- Ketik nama baru yang kita
inginkan: Sekarang, Kita bisa
mengetikkan nama baru yang Kita inginkan untuk worksheet tersebut.
Setelah Kita selesai mengetik, tekan tombol ‘Enter’ pada keyboard.
Misalnya, Kita bisa mengubah ‘Sheet1’ menjadi ‘Data Siswa’.
Cara Untuk
Menambah Worksheet Baru
Saat kita
membuka file Workbook baru, secara default kita akan disajikan tiga Worksheet.
Namun, kita bisa menambahkan lebih banyak Worksheet jika diperlukan. Berikut
langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menambahkan Worksheet baru :
- Klik kanan pada tab
worksheet : Di bagian bawah jendela Excel, Anda akan
melihat beberapa tab yang masing-masing mewakili worksheet. Klik kanan
pada salah satu tab ini.
- Pilih menu Insert : Setelah
Anda klik kanan pada tab, menu konteks akan muncul. Dalam menu ini, pilih
opsi ‘Insert’.
- Muncul kotak dialog Insert: Setelah
Anda memilih ‘Insert’, kotak dialog baru akan muncul dengan
beberapa opsi.
- Pilih tab General: Dalam
kotak dialog ‘Insert’, ada beberapa tab. Pilih tab yang bertuliskan
‘General’.
- Pilih Worksheet: Di
bawah tab ‘General’, Anda akan melihat beberapa ikon yang mewakili
jenis halaman yang berbeda yang dapat Anda masukkan. Pilih ikon ‘Worksheet’.
- Klik tombol OK: Setelah
Anda memilih ‘Worksheet’, klik tombol ‘OK’ untuk menambahkan worksheet
baru ke workbook Anda.
Selain menggunakan cara di atas, sebagai alternatif dan merupakan cara yang
sering saya lakukan, Anda juga dapat menambahkan worksheet baru dengan cepat
dengan cara klik tombol + (plus) yang berada di sebelah kanan deret tombol
worksheet. Atau dapat pula dengan cara menekan tombol ‘Shift’ dan ‘F11’ secara
bersamaan pada keyboard Anda.
Cara Untuk
Menghapus Worksheet
Jika dalam workbook kita terdapat
terlalu banyak worksheet yang tidak terpakai, kita dapat menghapusnya.
Menghapus worksheet akan menghapus semua data di dalamnya. Berikut ini
langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghapus worksheet yang tidak terpakai
:
- Klik kanan pada nama sheet : Di
bagian bawah jendela Excel, Anda akan melihat beberapa tab yang
masing-masing mewakili worksheet. Klik kanan pada tab worksheet yang ingin
Anda hapus.
- Klik Delete: Setelah
Anda klik kanan pada tab, menu konteks akan muncul. Dalam menu ini, pilih
opsi ‘Delete’.
Jadi,
Worksheet di Excel merupakan komponen penting yang memfasilitasi pengaturan,
pengelolaan, dan pengolahan data. Dengan fungsi-fungsinya, seperti menampung
cell-cell data, membagi-bagi pekerjaan, memberikan pratinjau hasil, dan
meminimalisir kesalahan, penggunaan worksheet yang efektif dapat meningkatkan
efisiensi pekerjaan Anda. Selain itu, kemampuan untuk mengganti nama,
menambahkan, dan menghapus worksheet memberikan fleksibilitas tambahan dalam
pengelolaan data Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami dan
memanfaatkan worksheet di Excel dengan lebih baik.
Komentar
Posting Komentar